Bimtek Keuangan 2023

Bimtek Keuangan 2023/Diklat Keuangan adalah suatu kegiatan pendidikan dan pelatihan serta pengembangan pengetahuan, informasi tentang permendagri atau undang-undang yang berlaku.

Pengelolaan Keuangan Daerah

pengelolaan keuangan daerah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pejabat pengelola keuangan, yang sesuai dengan jabatan
dan wewenangnya, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pertanggungjawaban.

bimtek keuangan 2023
bimtek keuangan 2023

Siklus Pengelolaan Keuangan Daerah merupakan rangkaian proses pengelolaan keuangan daerah mulai dari penganggaran yang bercirikan definisi, pelaksanaan, penatausahaan, dan akuntansi untuk pelaksanaan APBD.

Sementara, pihak pengelola keuangan daerah adalah Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD), yaitu kepala satuan pengelolaan keuangan daerah
yang bertanggung jawab atas pelaksanaan anggaran daerah dan bertindak sebagai bendahara umum daerah.

sedangkan Pengelolaan keuangan daerah haruslah terlaksana secara transparan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, tertib, efektif, efisien, ekonomis
dan akuntabel berdasarkan prinsip keadilan, kepatutan dan kemanfaatan bagi masyarakat.

Ruang lingkup pengelolaan keuangan

Ruang lingkup pengelolaan keuangan daerah mencakup keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan,pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan daerah.

khususnya Keuangan daerah adalah hak dan kewajiban daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintah daerah yang dapat dinilai dengan uang termasuk di dalamnya segala bentuk kekayaan yang berhubungan dengan hak dan kewajiban daerah.

TUJUAN BIMTEK KEUANGAN MEMBERI KEUNTUNGAN BAGI PEMERINTAH DAERAH MAUPUN PEMERINTAH PUSAT

Bimtek keuangan atau bimbingan teknis bidang keuangan dapat memberikan keuntungan bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah,

karena salah satu tujuan bimtek keuangan adalah meningkatkan kualitas aparatur negara di pusat atau daerah yang bertugas dalam pengelolaan keuangan

sehingga lebih kompeten dan profesional. Dengan begitu sasaran misi pemerintah daerah dan pusat akan lebih mudah terealisasi.

BIMTEK KEUANGAN UNTUK PARA PNS 2023

Setiap orang yang menjadi pegawai negeri sipil atau yang non PNS yang bekerja untuk pemerintah harus memiliki kemampuan yang mumpuni termasuk di bidang keuangan.

Untuk bisa mengasah kemampuan maka diadakanlah Bimtek keuangan. Bimbingan teknik atau yang dikenal juga dengan nama bimtek ini adalah kegiatan pelatihan serta pengembangan

maka dari itu, kemampuan dan pengetahuan yang bisa dipergunakan untuk memecahkan suatu masalah yang akan dihadapi oleh individu tertentu ataupun institusi.

Dalam hal ini, pengetahuan dan keahlian tersebut bisa bermanfaat di bidang keuangan di lembaga pemerintahan.

BERIKUT ADALAH KUMPULAN MATERI BIMTEK KEUANGAN 2023

MATERI BIMBINGAN TEKNIS/DIKLAT KEUANGAN 2023

  1. Bimtek Pedoman Penyusunan APBD 2023 Sesuai Permendagri No.84 Tahun 2022
  2. Bimbingan Teknis PERMENDAGRI NO. 77 TAHUN 2020
  3. Bimbingan Teknis/Diklat Implementasi PP No.12 tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah
  4. Bimbingan Teknis Sosialisasi Permendagri No.90 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah
  5. Bimtek/Diklat Tata Cara Penatausahaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dalam Rangka Persiapan Implementasi Transaksi Non Tunai Pada Pemerintah Daerah
  6. Bimbingan Teknis Administrasi Keuangan Dan Perencanaan Bagi Pengguna Anggaran, PPTK, PPK dan Bendahara
  7. Bimtek/Diklat Strategi dan Upaya Menghadapi Proses Pemeriksaan BPK RI Terkait Pengelolaan Keuangan
  8. Bimbingan Teknis Reviu Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Berbasis Akrual
  9. Bimtek/Diklat Sistem Dan Strategi Penyusunan KUA, PPAS, RKA, DPA Dan Evaluasi RAPBD
  10. Bimtek/Diklat Tata Cara Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Bendahara serta Penyampaiannya

BIMBINGAN TEKNIS KEUANGAN 2023

  1. Bimtek/Diklat Tata Cara Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Bendahara serta Penyampaiannya
  2. Bimtek/Diklat Pedoman Teknis Penyusunan Neraca Awal dan Akhir Pemerintah Daerah
  3. Bimbingan Teknis Penyusunan dan Penyampaian Laporan Keuangan Daerah dan Aset Melalui Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD)
  4. Bimtek/Diklat Rekonsiliasi Dan Verifikasi Laporan Pertanggungjawaban Bendahara OPD
  5. Bimtek/Diklat Pedoman Pemberian Hibah Dan Bantuan Sosial Yang Bersumber Dari APBD
  6. Bimtek/Diklat Sistem Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja
  7. Bimtek/Diklat Strategi Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Daerah Berbasis Akrual
  8. Bimtek/Diklat Tata Cara Perecanaan, Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Perjalanan Dinas
  9. Bimtek/Diklat Implementasi e-Planning dan e-Budgeting pada Pemerintah Daerah
  10. Bimtek/Diklat Penatausahaan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah dan Strategi Menghadapi Audit Dalam Penyusunan dan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Daerah

Materi Keuangan 2023

  1. Bimtek/Diklat Pengelolaan Keuangan Daerah Untuk Mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Dari BPK RI
  2. Bimtek/Diklat Sistem Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja
  3. Bimtek/Diklat Standar Pelayanan Penggajian Serta Tunjangan Kinerja Bagi PNS
  4. Bimtek Penatausahaan Anggaran kas Melalui Dana Transfer dan Penatausahaan Kas, dalam Penerapan Belanja Langsung dan Tidak langsung
  5. Bimbingan Teknis Tata Cara Pengelolaan Keuangan Dana Alokasi Khusus (DAK) Di Daerah
  6. Bimtek/Diklat Perencanaan Penganggaran, Dana Transfer Ke Daerah dan Pengelolaan Potensi Pajak dan Retribusi Daerah Serta Pengelolaan Pendapatan
  7. Bimtek/Diklat Tentang Sistem dan Prosedur Belanja Daerah dan Mekanisme Penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Padan Bidang Perbendaharaan Selaku Kuasa Bendahara Umum Daerah (BUD)
  8. Bimtek/Diklat Tata Cara Penyusunan Laporan dan Pertanggungjawaban Keuangan OPD serta Penyajian Laporan Barang Milik Daerah (BMD)
  9. Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah dan Aset Berbasis Aplikasi E.SIKPD, E.REPORTING, E.SIAP
  10. Bimbingan Teknis Menyusun Laporan Keuangan BLUD Berbasis Standar Akuntansi Keuangan dan Standar Akuntansi Pemerintahan

Informasi Pendaftaran

Untuk Konfirmasi Pendaftaran pada kegiatan ini dapat menghubungi kami Lembaga Kajian Indonesia (LKI) Sekretariat Panitia di Nomor  Telp. ( 021 ) 2464 8790 dan Hp. 0853 6872 7772 – 0812 8987 7773  Bpk. Gunawan ),

Demikian, kami ucapkan terima kasih

Salam

Updated: —

Tinggalkan Balasan